Selasa, 18 November 2008

Apa sich Bahasa Pemrogaman itu?

Bahasa pemrograman adalah media untuk berkomunikasi antara manusia (dikenal dengan programmer) dan mesin . Dengan bahasa pemrograman, anda bisa memerintah si mesin untuk melakukan apa yang ingin anda lakukan. Tuliskan perintah anda dengan benar dan dimengerti oleh komputer, maka komputer akan dengan patuh melaksanakan semua perintah anda terus menerus sampai kondisi dimana “dia” harus berhenti dan tidak kenal dengan lelah, karena walau bagaimana canggihnya, “dia” hanya sebuah mesin (kalau orang pasti sudah melawan kalau tidak senang diperintah ).
Tentunya berbeda dengan cara komunikasi antara manusia, karena yang akan dihadapi oleh seorang programmer adalah sebuah mesin dalam hal ini komputer. Yang dari segi wujud jelas sangat berbeda. Karena itu bahasa yang digunakan harus yang bisa dimengerti pula oleh komputer, yaitu bahasa pemrograman. dimana, jika anda salah dalam memberi perintah secara tidak sengaja tentunya akan menimbulkan kesalahan dalam segi fungsi atau malfunction bagi komputer tersebut. Bayangkan jika anda membuat program yang mengatur lalu lintas, lift, pintu otomatis, sensor senjata, roket/bom, pesawat, dan satelit. seperti yang ada di film Bisa anda bayangkan “Berapa besar dampak dari kesalahan satu kata atau perintah dalam program yang anda buat”.
Bahasa pemrograman komputer juga memiliki tingkatan-tingkatan tersendiri. Yaitu ada bahasa pemrograman tingkat primitif dan pemrograman tingkat tinggi. Apa sih bedanya? Bahasa tingkat rendah adalah bahasa mesin yang terdiri dari angka-angka dan sejumlah huruf yang memiliki arti tertentu dan umumnya susah untuk dimengerti oleh kita sebagai manusia tetapi sangat dimengerti oleh komputer, misalnya bahasa Assembler, sedangkan bahasa tingkat tinggi adalah bahasa yang sangat mirip dengan bahasa yang digunakan oleh manusia.
Bahasa apapun yang anda gunakan (Pascal, Delphi, VB, C+, Java, dll), anda harus mengubah bahasa program tersebut kebahasa mesin yang hanya dimengerti oleh komputer. Ada dua buah cara untuk mengubahnya, yaitu dengan menggunakan: Compiler, dan Interpreter.
Untuk membahas lebih jauh apa itu compiler dan interpreter, akan cukup memakan waktu, so just skip it...

Bahasa Pemrograman Apa Yang Terbaik?
Bahasa Pemrograman yang terbaik itu relatif tergantung dari berbagai hal, ada beberapa hal harus anda perhatikan dalam memilih bahasa pemrograman yang sesuai dengan anda, antara lain carilah bahasa pemrograman yang cocok dengan tipe prosesor anda, panjang dan pendek kode dari program yang akan anda buat, seberapa besar daya jangkauan hasil akhir dari program yang akan anda buat, sistem operasi yang akan digunakan, dan terakhir sangat bergantung pada tingkat keahlian dari anda sebagai programmer.

Tidak ada komentar: